Sabtu, 10 Oktober 2009

Benar atau Salah #1


1.

Tanya

:

Ketika sedang melakukan shooting, dan bola berhasil masuk, A2 dilanggar oleh lawan. Technical foul juga dikenakan untuk pelatih tim B. Free throw A2 untuk foul awal (bukan technical foul) berhasil dilakukan. Sebelum bola menjadi "hidup" setelah free throw pertama pada kasus technical foul oleh pelatih tim B, time-out diminta oleh tim A. Apakah time-out tersebut dibolehkan?

Jawab

:

Ya, artikel 27.4.1

2.

Tanya

:

A1 melepaskan shooting, ketika bola sedang mengarah naik tersentuh oleh pemain B1. Setelah kontak oleh B1 dan bola sedang mengarah turun, tetapi belum menyentuh ring basket, bola tersentuh oleh A3 dan berhasil masuk ring basket. Apakah skornya dihitung?

Jawab

:

Tidak, artikel 41.2.1

3.

Tanya

:

A2 mendribble bola ketika B2 dalam posisi bertahan yang legal berada di jalur A2. Kemudian B2 bergerak menyamping untuk mempertahankan posisinya terhadap A2. A2 mengalami kontak dengan badan B2 ketika B2 sedang bergerak tanpa kedua kaki menyentuh lantai. Apakah pemain B2 dikenai foul?

Jawab

:

Tidak, artikel 44.6.4, 44.6.5

4.

Tanya

:

Ketika A2 sedang mendribble bola, A4 dan B4 dikenai double foul. Foul oleh B4 dianggap sebagai diskualifikasi. Apakah permainan dilanjutkan dengan tim A melakukan throw-in?

Jawab

:

Ya, artikel 45.2.2

5.

Tanya

:

A1 sedang memegang bola untuk melakukan throw-in ketika A3 melakukan foul terhadap B3. Foul tersebut merupakan yang kelima kalinya dilakukan oleh tim A pada periode tersebut. Apakah tim B seharusnya dihadiahi free throw?

Jawab

:

Tidak, artikel 55.2.2

6.

Tanya

:

Pelatih tim A dibolehkan untuk melakukan time-out. Selama time-out, B2 melapor ke petugas meja untuk melakukan pergantian pemain. Apakah B2 harus menunggu izin dari wasit terlebih dahulu supaya pergantian pemain dapat dilakukan?

Jawab

:

Tidak, artikel 28.2.6

7.

Tanya

:

Ketika bola sedang berada di udara (ketika sedang dilakukan shooting), B3 menyentuh papan basket sehingga menyebabkan vibrasi atau getaran. Vibrasi tersebut nampaknya menyebabkan shooting yang dilakukan menjadi gagal. Apakah B3 seharusnya dikenai technical foul?

Jawab

:

Tidak, artikel 41.3

8.

Tanya

:

A1 melakukan foul kelimanya. Sebelum foul dilaporkan ke petugas meja, A1 juga melakukan technical foul. Apakah hukuman technical yang telah dilakukan adalah satu kali free throw, kemudian diikuti dengan penguasaan bola oleh tim B?

Jawab

:

Tidak, artikel 13.1 dan 51.2

9.

Tanya

:

Pemain A2, A3, dan A4 telibat dalam situasi perkelahian dan akhirnya didiskualifikasi. Apakah seharusnya pelatih tim A juga terkena diskualifikasi?

Jawab

:

Tidak, artikel 47

10.

Tanya

:

Setelah tim B berhasil memasukkan bola, tim A dibolehkan untuk melakukan time-out. Ketika permainan dilanjutkan, A3 menguasi bola di luar lapangan dan bersiap-siap melakukan throw-in dari baseline. A3 melakukan passing ke A4 yang juga berada di luar lapangan dari sisi baseline yang sama. Kemudia A4 melakukan throw-in ke A5 yang berada di dalam lapangan. Apakah hal tersebut legal?

Jawab

:

Ya, artikel 26.2.2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar